Karya FinJ Ada banyak sekali cara mengatur keuangan khusus untuk anak kost. Karena menjalani hidup sebagai anak kost tentu sangat berbeda ketika kamu tinggal dengan orang tua. Tinggal bersama orang tua membuatmu tidak perlu ambil pusing tentang biaya hidup.

Tentu saja karena orang tua yang akan membiayai kebutuhanmu setiap harinya. Sangat berbeda ketika kamu menjadi anak kost. Kamu harus bisa bertanggung jawab dengan uang bulanan yang diberikan orang tua.

Salah satu problem yang sering dialami anak kost adalah uang bulanan habis sebelum waktunya. Akhirnya anak kost kesulitan untuk membeli stok makanan.

Apakah kamu pernah mengalami masalah yang serupa? Salah satu cara untuk menghindari masalah kehabisan uang sebelum waktunya adalah berhemat.

5 Cara Mengatur Keuangan Untuk Anak Kost

Cara Mengatur Keuangan
Image Source : productnation.co

Sebagai anak kost, kamu harus pandai mengatur keuanganmu. Mengatur keuangan sebenarnya tidak sulit. Perlu adanya konsisten dalam mengatur keuangan.

Berikut ini telah dirangkum 5 cara mengatur keuangan untuk anak kost yang bisa kamu coba.

1. Menentukan Tujuan Keuangan

Cara Mengatur Keuangan
Image Source : wowkeren.com

Cara mengatur keuangan untuk anak kost yang pertama adalah tentukan tujuan keuanganmu. Sebagai contoh, kamu ingin membeli laptop terbaru, atau gadget terbaru lainnya.

Dengan adanya tujuan tersebut, kamu akan termotivasi untuk menabung. Kebiasaan menabung menghindarkanmu dari pola hidup yang boros.

Namun perlu diingat, kamu tidak boleh mengabaikan kebutuhanmu yang lebih prioritas. Misalnya hanya untuk membeli gadget terbaru, kamu sampai rela tidak makan berhari-hari demi menghemat uang.

Langkah ini sudah salah. Kamu harus memperhatikan skala prioritas dalam mengatur keuangan.

2. Menabung di Awal Bulan

Cara Mengatur Keuangan
Image Source : idntimes.com

Menabung di awal bulan adalah cara mengatur keuangan untuk anak kost berikutnya. Menabung bukanlah menabung uang sisa di akhir bulan.

Melainkan kamu menyisihkan uang yang kamu peroleh di awal bulan untuk dimasukkan ke tabungan. Sisa dari uang yang telah kamu tabung itulah yang bisa kamu gunakan.

Uang tabungan yang kamu kumpulkan rupanya juga bisa berfungsi sebagai dana darurat. Sebagai anak kost, adanya dana darurat ini sangat penting.

Manfaat dari dana darurat sendiri tidak kamu rasakan dengan cepat. Manfaat dana darurat akan terasa ketika kamu membutuhkannya di kemudian hari.

3. Menahan Diri dari Godaan Diskon

Cara Mengatur Keuangan
Image Source : koinworks.com

Cara mengatur keuangan untuk anak kost yang ketiga adalah menahan diri dari barang yang sedang diskon. Memang barang yang sedang diskon selalu menjadi incaran, tak terkecuali untuk anak kost.

Bukan berarti kamu tidak boleh membeli barang diskon sama sekali. Kamu bisa membeli barang diskon, namun sesuaikan dengan kebutuhan.

Barang diskon memang sangat menggoda. Tapi jangan sampai kamu membeli barang diskon secara berlebihan. Barang diskon yang telah kamu beli nantinya akan mubazir jika kamu beli terlalu banyak.

Selain itu, uangmu juga banyak yang terbuang sia-sia hanya karena barang diskon. Pertimbangkan secara matang jika membeli barang yang sedang diskon.

4. Membandingkan Harga Barang

Cara Mengatur Keuangan
Image Source : maxmanroe.com

Cara mengatur keuangan untuk anak kost selanjutnya adalah kamu harus pandai membandingkan harga barang. Hal ini mungkin terdengar sepele dan tidak penting.

Padahal, membandingkan harga bisa membuatmu sebagai anak kost lebih hemat dalam pengeluaran. Membandingkan harga dari toko satu dan toko lainnya, begitulah konsepnya.

Kamu bisa mendapatkan harga yang lebih mudah dengan membandingkan harga. Tidak hanya itu, kamu juga akan lebih bijak dalam mengatur pengeluaranmu.

5. Belajar Berbisnis

Cara Mengatur Keuangan
Image Source : kompas.com

Nah, cara mengatur keuangan untuk anak kost yang terakhir yakni kamu bisa belajar berbisnis. Memulai bisnis sebenarnya tidaklah sulit. Kamu bisa mulai bisnis tanpa modal dengan menjadi dropshipper.

Ada banyak produk yang bisa kamu jual untuk memulai bisnis. Tidak perlu bisnis yang besar, kamu bisa mulai dari bisnis yang kecil terlebih dahulu.

Nah, demikianlah 5 cara mengatur keuangan untuk anak kost yang bisa kamu coba. Dengan cara di atas, kamu bisa menjaga kesehatan keuanganmu.

Bagikan:

Karya FinJ

Portal Informasi Seputar Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PROTECTION!